Tahapan Prosedur Darurat Yang Biasa Dilakukan Pramugari

Tahapan Prosedur Darurat Yang Biasa Dilakukan Pramugari

Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang dinilai paling canggih hingga saat ini. Dengan menggunakan pesawat, bisa mencapai tempat yang jauh dalam waktu yang singkat dan bebas hambatan alias macet.

Apalagi nilai kenyamanan saat terbang menggunakan pesawat tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja, bepergian menggunakan pesawat pasti akan memiliki resiko yang besar.

Karena itulah setiap penerbangan akan ada pramugari yang bertugas melayani semua kebutuhan penumpang sekaligus akan menjelaskan tentang prosedur darurart pramugari yang wajib dipatuhi oleh semua penumpang.

5 Prosedur Darurat pramugari

Dengan diberikannya penjelasan prosedur darurat pramugari diharapkan semua penumpang akan tetap tenang dan bisa melaksanakan semua aturan selama penerbangan.

Baca Juga : Macam Macam Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Prosedur tersebut dibuat jika terjadi sesuatu dalam pesawat sehingga penumpang akan tetap merasa aman.

Pramugari akan menjelaskan semua prosedur itu melalui demo singkat sehingga semua penumpang bisa melihat secara langsung. Adapun prosedur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Rompi pelampung (life vest)

Rompi pelampung tersedia di bagian bawah kursi penumpang. Semua kursi penumpang akan terdapat rompi pelampung. Jadi jangan khawatir akan berebut dengan penumpang lain.

Atau untuk lebih pastinya tanyakan kepada pramugari. pelampung akan digunakan jika pesawat secara darurat harus mendarat di laut.

Penumpang akan mendapatkan tanda berupa lampu indikator jika diminta memakai pelampung. Jenis pelampung yang digunakan ada dua jenis.

Jenisnya yaitu pelampung yang secara otomatis akan mengembang hanya dengan menarik tuas yang ada di badan pelampung atau dengan cara manual dimana penumpang harus meniupnya terlebih dahulu.

2. Sabut pengaman (safety belt)

Sabuk pengaman merupakan peralatan yang wajib diketahui karena sangat penting. Sabuk pengaman bukan hanya dipakai saat pesawat akan tinggal landas atau akan mendarat saja.

Sabuk juga dipakai juga saat mengalami goncangan supaya tidak terlempar dari kursi. Sabuk sudah disesuaikan dengan penggunanya yaitu sabuk untuk dewasa  dan sabuk untuk bayi.

Jika merasa bingung cara memakai sabuk, maka tanyalah kepada pramugari supaya dipakaikan. Pada umumnya pramugari akan memeriksa sabuk semua penumpang ketika pesawat akan terbang dan mendarat.

3. Pintu evakuasi

Pramugari akan menjelaskan prosedur meletakkan barang bawaan supaya tidak menghalangi pintu keluar. Kemudian Anda juga akan diminta untuk menegakkan kursi supaya tidak terlepas dari kursi.

Ditambah lagi, kursi yang miring bisa menghalangi proses evakuasi jika terjadi sesuatu. Terakhir, semua gadget yang dibawa harus dimatikan selama penerbangan karena jika gadget dalam keadaan hidup akan mengganggu sinyal navigasi pesawat.

Dan itu bisa mengganggu keamanan penerbangan. Hidupkan kembali ponsel jika pesawat sudah mendarat. Atau gunakan mode penerbangan untuk ponsel pintar.

4. Kartu keselamatan (safety information card)

Kartu ini sangat bermanfaat jika penumpang melewatkan penjelasan yang diberikan oleh pramugari. Kartu ini juga berguna jika Anda melupakan demonstrasi. Kartu ini diletakkan di depan kursi penumpang jadi bisa dibaca kapan saja.

5. Masker oksigen (oxygen mask)

Prosedur selanjutnya adalah masker oksigen. Masker oksigen akan secara otomatis keluar dari cabin jika tekanan udara dalam kabin melebihi batas.

Jika masker oksigen keluar, segera pakailah masker oksigen supaya tidak kehabisan napas.

Prioritaskan diri sendiri dulu baru orang lain karena tidak mungkin menyelamatkan orang lain padahal diri sendiri juga berada dalam posisi tidak aman.

Baca Juga : Apakah Anda Punya Potensi Untuk Menjadi Pramugari? Coba Cek Disini

Jika sudah merasa aman barulah bisa membagikan masker oksigen kepada orang lain. Masker oksigen juga secara otomatis turun jika terjadi dekompasi atau tekanan udara yang hilang secara tiba-tiba.

Pertanda terjadinya dekompresi adalah hilangnya tekanan udara secara tiba-tiba dan tekanan udara hilang secara perlahan.

Semua prosedur darurat pramugari wajib diketahui dan dipatuhi oleh pramugari ataupun semua penumpang pesawat supaya keselamatan bisa terjamin.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Tahapan Prosedur Darurat Yang Biasa Dilakukan Pramugari. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: